Pemilihan Kepala Desa; Momentum Membangun Desa atau Mencari Dana Desa?

Oleh : Sudarmin, S. Pd

Takalarterkini.com,- Galesong. Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Suatu desa dipimpin oleh seorang kepala desa dengan tugas dan fungsi berdasarkan peraturan yang ada. melalui kebijakan dan supporting anggaran (ADD & DD) namun tetap merujuk pada petunjuk teknis yang telah dibuat oleh yang berwenang.

Seharusnya Desa kini bisa menjadi tumpuan suatu daerah maupun bagi negara Indonesia sebab sudah ditopang oleh anggaran yang begitu besar. tentu peran seorang kepala desa sangatlah menentukan kemajuan suatu desa tergantung kemampuan mengelola desa itu sendiri.

Kepala Desa dipilih langsung oleh masyarakat desa dengan segala ketentuan yang ada. Sehingga tugas masyarakat tentunya bisa memilih pemimpin secara objektif, yang berkompeten dan berakhlak serta budi pekerti yang baik karena bisa saja dalam Pemilihan Kepala Desa menjadi momentum membangun desa bisa juga mencari dana desa. AJM/RedTT

Pemilihan Kepala Desa; Momentum Membangun Desa atau Mencari Dana Desa?

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>