DPK Takalar Gelar Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Berbasis Inklusi Sosial

Takalarterkini.com, – Lakatong. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Takalar menggelar kegiatan “Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca” di Desa Lakatong Kecamatan Mangarabombang, 12 September 2021.

Suasana Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar Tahun 2021

Mengambil tema “Indonesia Unggul, Indonesia Tumbuhndan Berdaya melalui Literasi Berbasis Inklusi Sosial sebagai Upaya Mewujudkan Takalar menjadi Kabupaten Literasi”.

Bertempat di CIKALI Cafe Desa Lakatong Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, rangkaian kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Takalar Achmad Rivai.

Peserta dan tamu Undangan Kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar

Rangkaian kegiatan ini yakni Launching CIKALI Cafe, Pemilihan Duta Baca Pelajar Takalar tahun 2021 kategori Putra dan Putri, Pelantikan Pengurus Persatuan Penggiat Literasi Takalar (PELITA), Lomba Musikalisasi Puisi, Launching Lokasi Panahan Takalar, Musda FTBM Takalar dan Senam Aerobik serta Senam Jantung Sehat.

Sebelum kegiatan pembukaan dimulai, terlebih dahulu digelar kegiatan Pelantikan Persatuan Penggiat Literasi Takalar (PELITA) masa bakti 2021-2025. Pelantikan dipimpin oleh Kadis DPK Takalar Achmad Rivai.

Laporan Ketua Panitia Zainuddin Detol

Pengurus PELITA dinahkodai oleh Abdul Jalil Mattewakkang selaku Ketua Umum, Muhammad Yusran sebagai Sekretaris Umum dan Khofifah Amelia sebagai Bendahara Umum.

Dalam laporannya,Ketua Panitia Pelaksana Zainuddin Detol menyampaikan bahwa kegiatan “Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca” merupakan rangkaian kegiatan menyambut hari kunjungan perpustakaan dan pekan perpustakaan. Didesain berbagai kegiatan dengan melibatkan berbagai komunitas dan penggiat, baik penggiat literasi, seni, budaya dan lingkungan se Kabupaten Takalar, ujarnya.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Persatuan Penggiat Literasi Takalar (PELITA) Masa Bhakti 2021-2025

“CIKALI Cafe sebagai lokasi kegiatan yang merupakan salah satu UMKM penggiat literasi yang dikelola oleh Tarangati Education sebagai usaha yang akan mendukung berbagai kegiatan literasi berbasis inklusi sosial, lanjutnya.

Sepata Kat Dari ketua Umum PELITA Abdul Jalil Mattewakkang

Sementara itu, Ketua Umum PELITA Abdul Jalil Mattewakkang setelah dilantik menuturkan bahwa PELITA hadir dan dibentuk sebagai wadah kolaborasi kegiatan dari semua penggiat literasi, seni dan budaya se Kabupaten Takalar. Olehnya itu, saya berharap kita bisa bergandengan tangan dalam menyusun dan melaksanakan kegiatan secara kolaboratif, terangnya.

Sambutan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Julianto) 

Kadis DPK Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Kabid Pengembangan Perpustakaan Julianto mengapresiasi langkah dan giat kegiatan literasi di Kabupaten Takalar. Kolaborasi yang dibangun mampu menghadirkan ragam kegiatan luar biasa, termasuk keaktifan dan keterlibatan di tingkat provinsi, ungkapnya.

Sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar Achmad Rivai Sekaligus Membuka Acara Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca

Kadis DPK Takalar dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa dilantiknya PELITA sebagai wujud komitmen dan dukungan pemerintah ke penggiat literasi. Kedepan kami berharap akan kegiatan literasi dengan melibatkan semua pihak, bebernya.

“Kami berharap bahwa kolaborasi kegiatan di bidang literasi terus kita tingkatkan. Sosialisasi dan program pembudayaan kegemaran membaca menjadi prioritas utama guna mewujudkan Takalar sebagai Kabupaten Literasi, tutupnya.

Penyematan PIN Oleh Ketua Umum PELITA

Hadir dalam kegiatan ini yakni Kabid Perpustakaan DPK Provinsi Sulawesi Selatan, Kadis DPK Takalar Achmad Rivaj, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Zainuddin Detol, Kabid Arsip Hj Megawati Rahim, Perwakilan Cabdin Wil VII Jeneponto Takalar, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, Perwakilan Kemenag Takalar, Perwakilan Disdikbud Takalar, Perwakilan Forkopimda Kecamatan Galesong, Kepala Desa Lakatong dan komunitas literasi, seni serta budaya se Kabupaten Takalar.

Launching CIKALI Cafe Oleh Kadis DPK Takalar Bersama Para Tamu Kehormatan

Adapun Dewan Juri untuk Pemilihan Duta Baca Pelajar Takalar yakni Rudi Air dari unsur akademisi PLS FIP UNM, Abdul Jalil Mattewakkang ketua Umum PELITA dan Muhammad Yusran Finalis Duta Baca Sulsel. Sedangkan untuk Dewan Juri Lomba Musikalisasi Puisi yakni Rudi Amin dari akademisi PLS FIP UNM, Satturia dari SMPN 1 mArbo, Suhaemi Herman Tata dari Sanggar Seni Pattallassang, Damar Al Manakku dari Penggiat Literasi/Pembaca Puisi Nasional dan Alfian Rumpang dari pemerhati film/video. Kegiatan ini mendapat izin Satgas Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. AJM/RedTT.

Penulis: AJM-Detol

DPK Takalar Gelar Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Berbasis Inklusi Sosial

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>