Guru SMA Negeri 6 Takalar Antusias Melaksanakan Pembelajaran Dari Rumah

Takalarterkini.com, – Takalar. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 si Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) dijelaskan bahwa satuan pendidikan yang berada di daerah zona kuning, orange, dan merah, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

Suasana Belajar Dari Rumah Ala SMAN 6 Takalar

Suasana Belajar Dari Rumah Ala SMAN 6 Takalar

SMA Negeri 6 Takalar yang beralamat di Jl. Hj. Manila Dg. Pati, Kelurahan Malewang, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, tentunya harus mengikuti Keputusan Bersama empat Menteri tersebut, apalagi Kabupaten Takalar masuk kategori zona merah.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Sahabuddin Rola, bahwa keberhasilan proses Belajar Dari Rumah (BDR) ditentukan oleh empat komponen yaitu : peran satuan pendidikan, pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali peserta didik.

“Sebelum melaksanakan proses Belajar dari Rumah, seluruh Pendidik atau Guru mengikuti Internal House Training (IHT) secara virtual selama dua hari, ada empat materi pokok yang dibahas yaitu, strategi pembelajaran di masa pandemi, konsep penilaian di masa pandemi, pembinaan karakter dan disiplin selama pandemi, dan penguatan dan pemantapan tugas pokok dan fungsi dalam rangka menghadapi tahun ajaran 2020/2021,” urai Sahabuddin Rola.

Ditanya terkait strategi dan metode pembelajaran dari rumah yang diterapkan di SMA Negeri 6 Takalar, Sahabuddin Rola menjelaskan bahwa pihaknya menyerahkan penuh kepada para pendidik/guru untuk berkreasi dalam rangka pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, guru bisa menggunakan metode dalam jaringan, luar jaringan atau kombinasi dari keduanya, yang jelas materi pelajaran bisa tersampaikan dan dipahami oleh peserta didik.

“Berdasarkan Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) bahwa Belajar Dari Rumah dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua) pendekatan, yaitu Pembelajaran jarak jauh Dalam Jaringan/online (Daring), meng¬gunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring, dan pembelajaran jarak jauh Luar Jaringan/offline (Luring), menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar,” tambah Sahabuddin Rola.

Terkait keaktifan dan antusiasme pendidik dan peserta didik, Sahabuddin Rola menjelaskan bahwa selama dua hari Belajar Dari Rumah dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, baik metode dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring), para pendidik atau guru maupun peserta didik sangat antusias melaksanakan dan mengikuti pembelajaran.

“Pada hari pertama kemarin, laporan BDR dari pendidik atau guru mencapai seratus laporan, tentunya ini merupakan pencapaian yang luar biasa,” tutup Sahabuddin Rola.

Dihubungi secara terpisah, Kepala UPT. SMA Negeri 6 Takalar, Ilham sangat mengapresiasi kinerja para pendidik (guru) serta antusiasme peserta didik dalam mengikuti proses Belajar dari Rumah.

“Alhamdulillah pelaksanaan Belajar Dari Rumah dihari pertama dan kedua semakin menunjukkan perbaikan dan peningkatan. Salah satu indikatornya adalah terselenggaranya seluruh kegiatan Proses Belajar Mengajar sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu keikutsertaan peserta didik sudah mencapai 95 persen. Meskipun masih terdapat kendala-kendala seperti jaringan/signal yang naik turun dan kendala belum adanya jaringan seluler di beberapa tempat terpencil tempat tinggal peserta didik. Tapi guru tidak kehabisan akal dengan memberikan berbagai variasi teknik pembelajaran secara daring dan luring,” jelas Ilham.

Ilham juga berharap agar pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) berlangsung lancar, termasuk pembinaan karakter dan disiplin peserta didik tetap jalan secara virtual dari guru Bimbingan Konseling dan Wali kelas masing-masing. AJM/RedTT

Sumber: SMAN 6 Takalar

Guru SMA Negeri 6 Takalar Antusias Melaksanakan Pembelajaran Dari Rumah

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>