HARDIKNAS 2019, SMKN 10 Makassar Gelar Pameran Karya Seni Siswa

Takalarterkini.com,- Makassar. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei tiap tahunnya. Lembaga pendidikan dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi menjadikannya kegiatan rutin untuk mengenang jasa para pahlawan dalam dunia Pendidikan.

Siswa SMKN 10 Makassar Pamerkan Hasil Karya Di Peringatan Hardiknas Tahun 2019

Siswa SMKN 10 Makassar Pamerkan Hasil Karya Di Peringatan Hardiknas Tahun 2019

Pendidikan yang dulunya hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu, kini bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Tentunya ini tak lepas dari jasa para pahlawan pendidikan kita.

SMK Negeri 10 Makassar dalam memperingati Hardiknas, selain melaksanakan upacara bendera, para siswa dengan bimbingan guru mapel seni budaya, tak tinggal diam, tapi berupaya mengambil peran dalam peringatan Hardiknas dengan menggelar acara “Pameran Karya Seni Siswa”.

Kepala SMKN 10 Makassar Kunjungi Stand Pameran Para Siswa

Kepala SMKN 10 Makassar Kunjungi Stand Pameran Para Siswa

Pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2019, meskipun kondisi cuaca hujan, para siswa SMK Negeri 10 Makassar, di selasar-selasar depan ruang kelas, mereka dengan bangga dan percaya diri, memajang karya-karyanya diatas meja yang disusun dengan rapi.

Kepala Sekolah SMKN 10 Makassar, Bapak Andi Umar Patta, S.Pd, M.Pd saat membuka acara pameran tersebut “Saya sangat mengapreasiasi kegiatan ini, kegiatan kreatif dan inovatif dari siswa-siswi kita perlu diperbanyak, bakat-bakat mereka perlu dikembangkan sehingga menghasilkan karya-karya yang bermanfaat seperti yang ditampilkan saat ini. Tentunya, saya berterima kasih kepada guru-guru kita, yang selalu meluangkan waktunya untuk memberi bimbingan anak-anak kita. Budaya atau virus-virus kreatif anak-anak kita perlu disebarluaskan kepada semua siswa, hingga kedepannya, semua kelas dapat terlibat dalam kegiatan ini tahun-tahun kedepannya,” ujarnya.

Aneka Kreasi Karya Siswa SMKN 10 Makasar

Aneka Kreasi Karya Siswa SMKN 10 Makasar

Setelah membuka acara, Kepala Sekolah didampingi wakasek kesiswaan (Pak Abu Camo) dan guru-guru berkeliling melihat karya-karya siswa yang dipamerkan.

Adapun karya-karya yang ditampilkan diantaranya: lukisan abstrak, karya dimensi dua, berbagai macam lampu hias, lampu dimmer switch, kreasi kain perca, rumah hias, miniatur excavator, robot line dan banyak lagi lainnya.

Yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah miniature excavator yang bisa bergerak dengan sistem penggerak hidrolik dari bahan kayu, selang udara dan suntikan tinta print. Karya ini dipersembahkan oleh siswa jurusan Otomotif.

Siswa dari kelas x jurusan elektronika juga memamerkan robot line follower dengan prinsip kerja robot mobil dapat bergerak mengikuti garis hitam pada arena dengan menggunakan sensor yang dipasangkan pada robot. Robot ini juga memiliki motor DC sebagai penggerak dan komparator sebagai otak dari robot. Siswa jurusan listrik, bangunan, mesin dan TKJ juga mememerkan karya-karyanya yang tidak kalah menariknya.

Ibu Nahdiat selaku selaku guru mapel seni budaya menjelaskan bahwa “selain pameran karya juga diselingi pentas musik dari band siswa. Kegiatan ini berjalan dengan baik tak lepas dari kerjasama teman-teman guru dan dukungan dari manajemen sekolah.

Selain itu siswa yang tergabung dalam beberapa organisasi ektrakurikuler di SMKN 10 Makassar, dengan senang hati bahu-membahu membantu demi suksesnya acara ini, tandasnya”. AJM/RedTT

Penulis: Herwelis.

HARDIKNAS 2019, SMKN 10 Makassar Gelar Pameran Karya Seni Siswa

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>