Jembatan Campagaya Alami Longsor, Butuh Perhatian Dan Perbaikan

Takalarterkini.com, – Campagaya. Jembatan Campagaya merupakan salah satu akses utama yang menghubungkan antara Desa Campagaya dengan Desa Bontomangape. Dimana jembatan ini merupakan sarana jalanan umum yang tiap hari dilalui oleh masyarakat, termasuk masyarakat dari desa tetangga.

Bagian Sisi Timur Jembatan Campagaya Yang Mengalami Longsor

Bagian Sisi Timur Jembatan Campagaya Yang Mengalami Longsor

Jembatan ini dilalui baik roda dua (sepeda motor) maupun roda empat (mobil). Dari segi usianya jembatan ini sudah beroperasi sekitar 25 tahun lamanya setelah mengalami renovasi, sehingga wajar jika ketahanannya sudah mulai berkurang.

“Iya betul. Sisi sebelah timur Jembatan Campagaya mengalami lonsgor. Kami sudah cek dan memang perlu tindakan cepat sebelum lebih parah. Jangan sampai akses jalan terputus karena terus mengalami longsor,” imbuh Ketua BPD Campagaya Amri Nuntung.

Titik Lokasi Longsor Di Bagian Sisi Timur Jembatan Campagaya

Titik Lokasi Longsor Di Bagian Sisi Timur Jembatan Campagaya

Curah hujan yang tinggi ditambah struktur tanah yang menurun serta daya tahan atas beban berat dari mobil-mobil truk pengangkut batu bata, kayu pembakaran batu bata dan pasir membuat beberapa bagian disisi bagian timur jembatan ini mengalami pengikisan.

Sementara itu Plt. Kades Campagaya menyampaikan bahwa “Kami telah melakukan koordinasi, segera kami tindaklanjuti. Hari ini kami akan mencoba audiens dengan pihak Dinas PU Takalar,” pungkas Muhammad Ilham Siala.
Tepat hari Kamis 07 Februari 2020, sebelah timur bagian jembatan ini mengalami longsor yang mengakibatkan sebagian badan jalan mengalami pengikisan.

Hal ini tentunya akan membahayakan masyarakat yang melewati jembatan ini. Diperparah lagi dengan intensitas hujan yang kian hari kian bertambah.

“Mendapat laporan warga dan memang intensitas dan curah hujan tinggi sekali selama 1 minggu ini, maka kami bergerak cepat dengan melakukan dokumentasi dan beberapa hal teknis lainnya. Selain itu laporan ini sudah kami teruskan ke Bidang Bina Marga Dinas PU Takalar,” ucap Sekdes Campagaya (Suardi Taqi).

Penulis: AJM/RedTT

Jembatan Campagaya Alami Longsor, Butuh Perhatian Dan Perbaikan

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>