Kertas Pena Utus 1 Tim Ke KBKM Di Jogja

Takalarterkini.com,- Takalar. Komunitas Rumah Literasi dan Penulis Indonesia (KERTAS PENA) mengutus 1 tim ke kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) tahun 2019 di Yogyakarta.

Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) merupakan program yang dilaksanakan oleh Direktorat Kebudayaan Kemdikbud. Sekitar 754 tim/kelompok yang mendaftar pada 4 jenis atau bidang kegiatan.

Dari 754 tim itu diseleksi 130 tim untuk kegiatan Kemah Budaya di Candi Prambanan Yogyakarta dari tanggal 21-25 Juli 2019.

Dari 130 tim ini KERTAS PENA mengirimkan anggota sebanyak 1 tim yang terdiri dari 5 orang dipimpin Abdul Fatta dengan anggota Muh. Nur Alwi Rahman, Widyawati, Muh. Amin Sidiq, dan Rahmatulwasyiah. Ide tentang pelestarian budaya lokal “Kaddo Bulo” sebagai ritual adat pesta panen di Desa Bontomangape Kec. Galesong Kab. Takalar.

“Kegiatan ini difokuskan bagi kaum muda yang peduli akan eksistensi budaya lokal daerahnya. KBKM merupakan salah satu dari beberapa program Kemdikbud yang harus dimanfaatkan oleh generasi muda dalam menuangkan gagasannya tentang budaya”, tutur Abdul Jalil Mattewakkang selaku Ketua Umum PP. KERTAS PENA.

Tim KERTAS PENA mengangkat budaya ini sebagai upaya untuk melestrikan dan mengembangkan budaya-budaya lokal yang telah hidup dan menjadi ritual lokalitas. Tim KERTAS PENA memilih bidang aplikasi kajian untuk menelusuri jejak budaya lokal ini.

Akhir dari program ini ialah akan dipilih 12 tim terbaik untuk diberikan fasilitasi dalam mengimplementasikan ide mereka di lokasi yang telah dipilih. AJM/RedTT

Kertas Pena Utus 1 Tim Ke KBKM Di Jogja

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>