Ketua KIR SMAN 5 Takalar Raih Juara 1 Duta Anak Takalar

Takalarterkini.com, – Takalar. Forum Anak Panrannuang Takalar (FAPT) menggelar “Pemilihan Duta Anak Kabupaten Takalar Tahun 2020”. Kegiatan ini merupakan program dari Dinas P2KBP3A (Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak) dengan FAPT (Forum Anak Panrannuang Takalar). Dimana kita ketahui bahwa Kabupaten Takalar sejak tahun 2019 lalu telah dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak.

Adapun tahapan dalam seleksi dan lomba pemilihan Duta Anak Takalar ini yakni; Pendaftaran dimulai dari tanggal 11-16 Juni 2020. Terdapat 45 orang pendaftar dari siswa-siswi se Kabupaten Takalar. Tahapan selanjutnya yakni pengumuman tahap pertama 17 Juni 2020 dimana menyisahkan 30 orang peserta.

Tahapan berikutnya ialah pembekalan calon Duta Anak Takalar pada tanggal 18 Juni 2020 melalui model Daring (Dalam Jaringan) via google meet. Kemudian pembuatan mini project pada tanggal 20 – 21 Juni 2020. Pada tahap pembuatan mini project ini, para calon Duta Anak Takalar diminta untuk membuat video kampanye tentang isu-isu anak dengan durasi 1 menit. Kemudian di posting ke instagram masing-masing.

“Saya cukup excited karena kebetulan saya memang gemar membuat video. Jadi dengan bakat yang saya miliki, maka saya pun membuat video se kreatif mungkin,” ujar Abdul Salam Saputra Juara 1 Duta Anak Takalar tahun 2020 dari SMAN 5 Takalar yang juga Ketua KIR di sekolah itu.

Tahapan selanjutnya pada tanggal 22 Juni 2020 dilakukan wawancara sekaligus penilaian online untuk video yang dibuat saat mini project.

“Alhamdulillah, video yang saya buat masuk ke 10 besar video terbaik dan berkesempatan mengikuti tahap seleksi selanjutnya,” tambah Abdul Salam.

Akhirnya pada tanggal 23 Juni 2020, “Saya di undang ke kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) untuk kemudian melakukan tahapan seleksi akhir yang menyisahkan 5 terbaik baik putra maupun putri,” lanjutnya.

Peserta 10 besar terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang hari ini di seleksi menjadi 3 besar (3 laki-laki dan 3 perempuan).

Tahap seleksi dimulai dari catwalk untuk memperlihatkan peserta, kemudian masuk sesi tanya jawab tentang isu-isu anak dan solusi untuk permasalahan anak serta tanya jawab seputar forum anak.

Selanjutnya para peserta diminta untuk menunjukkan bakat. Saya menawarkan kepada juri dan audien bakat saya adalah menyanyi, berpidato, design grafis, dan menggambar. Juri akhirnya memutuskan untuk saya bernyanyi.

Setelah itu pengumuman 3 besar. Yang akan memperebutkan posisi juara 1, 2 dan 3.

“Saya awalnya ragu, tetapi nama saya juga disebut untuk ikut memperebutkan posisi 1, 2 dan 3. Akhirnya kami kembali bertanding.
Sesi terakhir ini kembali dilaksanakan dengan tanya jawab seputar isu anak,” imbuhnya sembari tersenyum.

Setelah itu ada jeda untuk ishoma.
Kemudian acara dilanjut dengan pengumuman juara. Peserta diberi waktu istirahat sembari dewan merampungkan hasil penilaian untuk diumumkan peraih predikat juara 1, 2 dan 3.

“Saat pengumuman begitu menegangkan, peserta yang memiliki bakat dan talenta yang sama dan mumpuni. Hasilnya saya mendapat juara 1,” terangnya.

“Saya tidak pernah menyangka mendapatkan juara 1 karena peserta lain juga memiliki argumentasi dan jawaban yang baik atas pertanyaan dewan juri,” pungkasnya saat itu dalam keadaan matanya berkaca-kaca, seolah tak percaya bahwa akan meraih juara 1.

“Raihan prestasi ini saya persembahkan untuk kedua orang tuaku, sekolah di SMAN 5 Takalar, KIR SMAN 5 Takalar dan seluruh pihak yang ikut memberikan motivasi selama ini, ” tutupnya.

Adaoun hasil penilaian untuk para juara Duta Anak Takalar. Untuk kategori Putra yakni;
Juara I di raih Abdul Salam Saputra dari SMAN 5 Takalar, juara II di raih Muh. Fahri Ramadhan dari SMAN 2 Takalar dan juara III diraih oleh Wahyu asal MA Muhammadiyah Bontorita.

Untuk kategori Putri juara I diraih oleh St. Khaerah Umma dari SMAN 2 Takalar, juara II oleh Nursinah dari SMAN 3 Takalar dan juara III oleh Nadila Nurman dari SMAN 13 Takalar.

Acara ini di hadiri oleh Duta Anak Takalar tahun 2019 dan mantan Duta Anak Takalar beberapa tahun lalu. Juga Wakil Ketua Forum Anak Nasional dan Ibu Bupati Takalar Hj. Irma Andriani selaku Pembina Forum Anak Panrannuang Takalar.

Penulis: Abdul Salam Saputra
Editor: Abdul Jalil Mattewakkang

Ketua KIR SMAN 5 Takalar Raih Juara 1 Duta Anak Takalar

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>