KKL Falak FSH UIN Alauddin Makassar Gelar Pratikum Rukyatul Hilal Di Pantai Topejawa Takalar

Takalarterkini.com, – Makassar. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL Falak) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar merupakan kegiatan tahunan yabg tidak pernah lepas dari matakuliah ataupun praktik, sehingga semua mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum teruntuk semester 7 wajib mengikutinya. Selain dituntun dan mengimplenentasikan bagaimana cara mengukur arah kiblat yang benar, mahasiswa FSH ini juga langsung turun lapangan dalam kegiatan Praktikum Rukyatul Hilal.

Pemantauan Rukyatul Hilal Di Pantai Topejawa Takalar Oleh Mahasiswa KKL Falak FSH UIN AM

Pemantauan Rukyatul Hilal Di Pantai Topejawa Takalar Oleh Mahasiswa KKL Falak FSH UIN AM

Sejumlah 17 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing KKL Falak menggelar Rukyatul Hilal di Awal Muharram. Rukyatul hilal ini dilaksanakan di Pantai Topejawa Kabupaten Takalar, Kamis, 20 Agustus 2020.

Dosen Pembimbing KKL Falak yaitu Irfan menjelaskan bahwasanya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa, dan saya memang mewajibkan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, harus dan wajib mempelajari dan mendalami matakuliah Kewarisan dan Falak karena matakuliah ini sangat penting buat mahasiswa kedepannya. Selain itu juga beliau menjelaskan bahwasanya jika kalian melihat hilal maka segeralah berdoa dan beliau juga menuntun mahasiswa KKL Falak Kabupaten Takalar membaca doa melihat Hilal.

Salah satu mahasiswa KKL Falak yaitu Abdul Fatta menjelaskan bahwasanya praktik memang sangat dibutuhkan mahasiswa karena ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan dapat di implementasikan di Lapangan, misalnya: menentukan arah kiblat, dan Rukyatul Hilal, ucapnya. Dan ucapnya kami dapat melihat hilal berdasarkan pengamatan mata kami tepat pada Pukuk 18:16 Hilal terlihat di Pantai Topejawa Kabupaten Takalar. AJM/RedTT

Sumber: Abdul Fatta

KKL Falak FSH UIN Alauddin Makassar Gelar Pratikum Rukyatul Hilal Di Pantai Topejawa Takalar

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>