Kolaborasi Proker Mahasiswa KKN UINAM 65, TBM Dan Pemuda Karang Taruna Barammamase Bentuk Kegiatan Pendidikan

Takalarterkini.com, – Barammamase. Beberapa waktu lalu Negara tercinta kita ini telah dilanda oleh musibah bahkan masih ada hingga saat ini.  Yakni dengan adanya wabah penyakit yang disebut covid-19, dimana wabah tersebut sangat berdampak pada  Negara di berbagai sektor terutama di sektor perekonomian dan pendidikan yang memiliki dampak yang besar pada kehidupan masyarakat Indonesia.

Mahasiswa KKN UIN AM Angkatan 65 Saat Memgajar Anak-Anak Desa Barammamase Di TBM Pabrik Pena Literasi

Mahasiswa KKN UIN AM Angkatan 65 Saat Memgajar Anak-Anak Desa Barammamase Di TBM Pabrik Pena Literasi

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi wabah covid-19 tersebut, selain perekonomian masyarakat yang menurun karena banyaknya UMKM yang penjualannya menurun akibat adanya pembatasan sosial yang mengharuskan masyarakat untuk tetap berada dirumah dan melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home).

Selain perekonomian, sektor pendidikan juga ikut terkena dampaknya dimana dengan adanya wabah tersebut pemerintah mengeluarkan peraturan untuk melakukan penutupan sekolah dan universitas serta kegiatan pembelajaran yang dialihkan dengan metode daring (online).

Mahasiswa KKN UIN AM Angkatan 65 Lakukan Bimbingan Pendidikan Ke Pengunjung TBM Pabrik Pena Literasi Barammamase

Mahasiswa KKN UIN AM Angkatan 65 Lakukan Bimbingan Pendidikan Ke Pengunjung TBM Pabrik Pena Literasi Barammamase

Aturan pemerintah memang sangat baik dalam mencegah penyebaran covid namun dampak yang ditimbulkan dibidang pendidikan sangatlah besar terutama di wilayah pelosok desa yang kekurangan sumber daya untuk melakukan pembelajaran secara daring terlebih lagi dengan kurangnya akses internet di berbagai wilayah.

Dengan adanya dampak tersebut para Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Angkatan 65 melakukan kegiatan KKN di Desa Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar memfokuskan program kerja mereka pada sektor pendidikan.

Setelah mereka melakukan observasi di Desa Barangmamase. Mereka mengetahui bahwa tingkat pendidikan anak-anak di desa tersebut sangat rendah karena adanya dampak covid-19 yang kurang lebih sudah setahun di Negara kita.

Mahasiswa KKN UIN AM Angkatan 65 Saat Berada Di Sekretariat TBM Pabrik Pena Literasi Barammamase

Mahasiswa KKN UIN AM Angkatan 65 Saat Berada Di Sekretariat TBM Pabrik Pena Literasi Barammamase

Tak hanya itu, covid-19 juga menyebabkan anak-anak tersebut kurang mendapatkan pembelajaran yang layak dan maksimal karena keterbatasan kepemilikan teknologi untuk mengakses pembelajaran dan waktu belajar yang sangat sedikit dalam menerima pembelajaran karena adanya peraturan pembatasan social.

Mahasiswa KKN UINAM Angkatan 65 membuat program Kerja untuk berkolaborasi dengan Pemuda Karang Taruna Desa, TBM (Taman Baca Masyarakat) yang ada di Desa Barangmamase untuk melakukan kegiatan pendidikan berupa pengajaran  dan  bimbingan belajar kepada anak-anak sekolah dasar.

Program Kerja tersebut sangat didukung oleh masyarakat dan Pemerintah Desa Barangmamase.

Atas niat baik ini, masyarakat, TBM Pabrik Pena Literasi, Pemerintah setempat mendukung penuh atas program rencana ini.

Zainuddin Detol selaku Kabid Pengembangan Perpustakan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan memberikan fasilitas untuk pembelajaran berupa buku-buku bacaan dan mata pelajaran serta unit komputer agar dapat digunakan oleh masyarakat desa.

Pak Zainuddin Detol berharap dengan adanya bantuan buku-buku dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Takalar tersebut dapat membantu mempermudah proses pembelajaran anak-anak di Desa Barangmamase.

Beliau juga berharap dengan adanya program kerja yang di buat oleh mahasiswa KKN UINAM Angkatan 65 yang berkolaborasi dengan para anggota karang taruna dapat memajukan kualitas pendidikan anak-anak di Desa Barangmamase dan mengatasi dampak yang ditimbulkan dari adanya wabah covid-19 tersebut. AJM/RedTT

Sumber: Mahasiswa KKN UIN AM Desa Barammamase

Kolaborasi Proker Mahasiswa KKN UINAM 65, TBM Dan Pemuda Karang Taruna Barammamase Bentuk Kegiatan Pendidikan

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>