Kreatif Manfaatkan Ikan Teri Kering, Henri Siswa SMAN 5 Takalar Juara 1 AHMBS 2019

Takalarterkini.com,- Galesong. Bertempat tinggal disekitar wilayah pesisir Galesong Kab. Takalar, salah satu siswa SMAN 5 Takalar buat usaha dengan memanfaatkan ikan teri kering.

Finalis AHMBS 2019 Bersama Dewan Juri dan Manajemen Astra Makassar

Finalis AHMBS 2019 Bersama Dewan Juri dan Manajemen Astra Makassar

Bermodalkan sebagian uang dari beasiswa PIP, Henri buat usaha skala home industri. Produk KIKES namanya atau Kerupuk Ikan Kering Sembunyi. Produk KIKES yang dibuat Henri terdiri dari 2 varian rasa yakni rasa original dan sambal balado.

Mendengar dan mengikuti kegiatan sosialisasi Lomba Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2019, Henri pun berinisiatif untuk ikut ambil bagian.

Melalui pedoman lomba yang diberikan, Henri bersama teman dan guru pembimbingnya pun menyusun proposal Karya Tulis Ilmiah (KTI) tentang Wirausaha.

Penyerahan Hadiah Bagi Para Pemengang AHMBS 2019

Penyerahan Hadiah Bagi Para Pemengang AHMBS 2019

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan teri kering banyak di wilayah Kecamatan Galesong Kab. Takalar. Potensi inilah yang dimanfaatkan oleh Henri untuk jadi peluang usaha.

Tema AHMBS 2019 yakni Creatifpreneur Gen Milenial. Henri menganggap bahwa tema ini sangat cocok dengan usaha yang telah ia jalankan.

“Kami lakukan bimbingan penulisan KTI Usaha selama 2 minggu di Sekretariat KERTAS PENA dibawah arahan Ketua umumnya yakni Abdul Jalil Mattewakkang”, ujar Satriana dan Syahdan Syam (Guru Pembimbing).

Alhasil di Rabu 26 Juni 2019, saat mengikuti sesi presentasi finalis 5 besar peserta AHMBS 2019 di Kantor Astra Motor Makassar setelah menyisihkan puluhan pesaingnya. Saat sesi presentasi Henri perwakilan SMAN 5 Takalar mendapat tampil kedua. Penampil pertama dari SMAN 9 Makassar, ketiga kembali dari SMAN 9 Makassar, keempat dari SMAN 7 Takalar dan kelima dari SMKN 5 Takalar.

Saat sesi presentasi Henri sudah kuasai materi dan dengan menjawab setiap pertanyaan dari dewan juri.

Saat pengumuman juara 1 untuk mewakili Astra Motor Makassar ke Jakarta, Henri kaget dan terharu mendengar namanya menjadi pemenang.

“Alhamdulillah, saya tak percaya ini. Namun apapun itu saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yanh telah menssuport saya. Pihak orangtua, panitia AHMBS, sekolah, guru pembimbing, teman-teman dan terkhusus buat kakanda Abdul Jalil Mattewakkang tak pernah bosan mengajari dan membimbing saya, sekali terima kasih untuk semuanya”, tutur Henri.

“Jujur ini pengalaman pertama saya naik pesawat dan berangkat ke Jakarta. Semoga usaha yang saya jalankan ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua, khususnya pengusaha pemula dari kalangan pelajar”, lanjutnya.

Henri akan berkompetisi lagi dengan perwakilan semua provinsi di Jakarta. AJM/RedTT.

Kreatif Manfaatkan Ikan Teri Kering, Henri Siswa SMAN 5 Takalar Juara 1 AHMBS 2019

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>