Literasi Edukasi Ala Rumah Baca Pesisir Di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone

Takalarterkini.com, – Laguruda. Literasi sering dipandang sebelah mata. Ia hanya dianggap sebagai sesuatu yang tak penting, namun beda dengan pemuda yang satu ini.

Teras Rumah Muhammad Yusran Yang Dimodifikasi Menjadi Rumah Baca Pesisir (RBP)

Teras Rumah Muhammad Yusran Yang Dimodifikasi Menjadi Rumah Baca Pesisir (RBP)

Berbekal teras rumah, iapun bersama teman-temannya memodofikasi teras rumahnya untuk dijadikan sarana membaca atau kegiatan literasi.

Lembaga ini diberi nama RBP (Rumah Baca Pesisir beralamat di Dusun Je’ne Desa Lagaruda Kecamatan Sanrobone didirikan oleh Muhammad Yusran bersama teman-teman pemuda lainnya.

Kunjungan Dan Aktivitas Membaca Di RBP

Kunjungan Dan Aktivitas Membaca Di RBP

Tujuan dari didurikannya RBP ialah untuk mengedukasi anak-anak pesisir ditengah kondisi pandemi agar semangat menuntut ilmunya tetap terjaga. Semoga Rumah Baca Pesisir bisa menjadi rahim lahirnya generasi penerus yang menjadi pelopor lahirnya peradaban yang berjaya.

Sekitar 12-15 orang berkunjung ke RBP setiap harinya.

Anak-anak yang menjadi peserta mengatakan sangat gembira dan Bahagia dengan adanya Rumah Baca Pesisir karena bisa belajar bersama dengan kawannya yang berlainan sekolah.

Harapan masyarakat, semoga kedepannya rumah baca pesisir bisa berkembang dan pemerintah bisa melirik anak-anak pesisir agar tumbuh menjadi anak yang lebih baik.

Bagi pemerintah desa, rumah baca ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat khususnya untuk anak-anak dan generasi muda menambah wawasan dan pengthuannya.

“Wadah ini bisa mengajak anak-anak yabg sejak usia dini sampai tua untuk mencintai literasi dan membangun kesadaran sejak dini pentingnya pengetahuan dan wawasan luas yang hanya akan diperoleh ketika kita rajin membaca dan berdiskusi,” imbuh Kades Laguruda.

Harapannya, wadah ini bisa berkembang lebih maju dengan mngajak seluruh komponen untuk terlibat langsung dalam setiap momen kegiatan serta mampu merubah pola pikir generasi muda dan masyarakat lebih maju dan berkembang seiring perkembangan teknologi. AJM/RedTT

Penulis: Muhammad Yusran

Literasi Edukasi Ala Rumah Baca Pesisir Di Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>