Ngopi Literasi, Ini Program Pengembangan Minat Baca DPK Takalar

Takalarterkini.com, – Takalar. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Takalar bersama penggiat literasi Takalar menggelar kegiatan NGOPI (Ngobrol Pintar) LITERASI, Ahad 28 Maret 2021 di Inimo Cafe Biringbalang Takalar.

Spanduk Kegiatan Ngopi Literasi DPK Takalar

Spanduk Kegiatan Ngopi Literasi DPK Takalar

Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antara DPK Takalar dengan seluruh penggiat literasi Takalar. Sekitar 70-an penggiat literasi menghadiri acara ini. Penggiat literasi dari berbagai jenjang. Baik kalangan pelajar hingga pengurus TBM/RB.

Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar Achmad Rivai dan Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Takalar. Acara Ngopi Literasi dipandu Ketua Umum Pammuntuli Baji Institut Abdul Jalil Mattewakkang dan MC Nursalam Agho.

Sesi Foto Bersama Penggiat Literasi Bersama DPK Takalar

Sesi Foto Bersama Penggiat Literasi Bersama DPK Takalar

Dalam pemaparannya, Kadis DPK Takalar menuturkan apa yang menjadi program, konsep dan gagasannya tentang pengembangan kegiatan literasi di Kabupaten Takalar.

“TBM/RB dan penggiat literasi yang akan kita perkuat dengan peningkatan kapasitas SDM, pelatihan-pelatihan dan berbagai program literasi yang diupayakan menjadi jembatan dalam peningkatan minat dan budaya baca di Takalar,” bebernya.

Suasana Dan Peserta Ngopi Literasi

Suasana Dan Peserta Ngopi Literasi

Ditambahkan bahwa kami berharap bahwa kolaborasi program literasi masih terus berlanjut. Kami berkomitmen bahwa dibutuhkan inovasi dan kreasi program agar budaya baca ini sampai ke masyarakat, tukas Achmad Rivai.

Sementara Kak Detol menambahkan bahwa dalam kurung waktu 2 tahun telah banyak kegiatan dan prestasi yang diraih DPK Takalar. Semuanya tak terlepas dari peran serta penggiat literasi.

“Hari ini kita kembali mengukir sejarah. Pertemuan ini momentum bersejarah dibidang literasi. Kita mampu berkumpul dalam upaya menyamakan visi dan persepsi tentang pengembangan program literasi di Butta Panrannuangku, imbuhnya.

Kadis DPK Takalar Bersama Kak Detol Menyampaikan Program Kegiatan Literasi Tahun 2021

Kadis DPK Takalar Bersama Kak Detol Menyampaikan Program Kegiatan Literasi Tahun 2021

Banyak harapan dan pertanyaan serta usulan program dalam acara Ngopi Literasi ini. Namun pada intinya, semangat kolaborasi masih tetap menjadi fokus utama.

Dalam kegiatan ini pula di launching beberapa program unggulan yakni Sikola Literasi Panrrannuangku, Perpustakaan Punggung Keliling Ke Pulau (KULAU) dan Gerakan 10K Untuk Pendidikan Karakter (GALAH KARET).

Selain itu, upaya menghimpun penggiat literasi Takalar dalam sebuah wadah bersama, maka dibentuk lembaga “Persatuan Penggiat Literasi Takalar (PELITA)”. Lembaga ini akan di SK-kan oleh DPK Takalar sebagai salah satu komunitas binaan.

Salah Satu Peserta Menyampaikan Ide dan Gagasannya Tentang Pengembangan Literasi

Salah Satu Peserta Menyampaikan Ide dan Gagasannya Tentang Pengembangan Literasi

Semoga kegiatan serupa tetap kita gelar yang tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan. Menggunakan masker dan jaga jarak. Karena konsepnya kegiatannya adalah Ngopi Literasi maka menu yang dipesan oleh peserta pun mayoritas kopi. AJM/RedTT

Penulis: AJM-Detol

Ngopi Literasi, Ini Program Pengembangan Minat Baca DPK Takalar

| Literasi | 0 Comments
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>