Pramuka Takalar Berduka, Ini Sosok Dan Profil H Muh Anshar Ropu

Takalarterkini.com, – Pattallassang. Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Pramuka Takalar berduka. Hal ini karena sosok sesepuh Pramuka Takalar H Muh Anshar Ropu menghembuskan nafas terakhir pada hari Kamis, 10 Desember 2020.

Suasana Di Rumah Duka H. Muh Anshar Ropu

Suasana Di Rumah Duka H. Muh Anshar Ropu

H Muh Anshar Ropu dikalangan masyarakat Takalar merupakan sosok pendidik yang selama ini berkecimpung di dunia kepramukaan. Raihan prestasi telah diraih selama masa hidup dan pengabdian beliau.

Berikut sosok dan riwayat hidup H Muh Anshar Ropu. Lahir di Takalar 24 Oktober 1944. Beralamat di Jalan Sawi No 91. Merupakan pensiunan PNS. Riwayat pendidikan yakni; SR Negeri tahun 1956, SGB Negeri 1960 dan SGA Negeri 1964.

Sambutan Dan Ucapan Bela Sungkawa Dari Ketua Kwarcab Takalar Darwis Sijaya (Ketua DPRD Takalar)

Sambutan Dan Ucapan Bela Sungkawa Dari Ketua Kwarcab Takalar Darwis Sijaya (Ketua DPRD Takalar)

Pengalaman pekerjaan sebagai Guru SR Negeri dari tahun 1961 s/d 1977.
Pelaksana teknis pada Kandep Dikbud Kabupaten Takalar tahun 1977 s/d 1981. Penilik Pembinaan Generasi Muda pada Kantor Dikbud Kecamatan Polombangkeng Selatan tahun 1981 s/d 1994. Kepala Seksi Kebudayaan Kandep Dikbud Kabupaten Takalar 1994 s/d 1997. Kepala Seksi Pendidikan Dasar Kandep Dikbud Kabupaten Takalar 1997 s/d 2000.

Pengalaman organisasi yakni, Pembina Gudep Gerakan Pramuka tahun 1963 s/d 1972. Wakil Sekretaris Kwarcab Takalar tahun 1972 s/d 1984. Sekretaris Kwarcab Takalar tahun 1994 s/d 1995. Wakil Ketua Kwarcab Takalar tahun 1995 s/d 2013. Sekretaris PD II PGRI Kabupaten Takalar tahun 1995. Pengurus PUSAKATA (Pusat Kegiatan Anak Kabupaten Takalar) tahun 2015. Pembina Sanggar Toddoppuli Kabupaten Takalar. Sekretaris Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar tahun 2005. Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Takalar tahun 2001 s/d 2020 (sampai sekarang).

Pembacaan Riwayat Hidup Almarhum Oleh Wakil Ketua Kwarcab Zainuddin Detol

Pembacaan Riwayat Hidup Almarhum Oleh Wakil Ketua Kwarcab Zainuddin Detol

Tanda Kehormatan dan Penghargaan yaitu; Lencana Pancawarsa III dari Kwartir Nasional (14 Agustus 1989), Satya Lencana Karya Satya 30 tahun dari Presiden RI tahun 1997, Lencana Pancawarsa V dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (14 Agustus 1999), Lencana Pancawarsa VII dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (14 Agustus 2004), Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 27 Juli 2007, Lencana Panca Warsa VIII dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 14 Agustus 2008, Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 20 Juli 2010 dan Piagam Penghargaan dari PB PGRI tahun 1995.

Dan sederet prestasi serta capaian penghargaan lain dari sosok yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan dan kepramukaan di Takalar ini.

Anggota Pramuka Takalar Antar Jenazah  Muh Anshar Ropu Ke Tempat Pemakaman

Anggota Pramuka Takalar Antar Jenazah Muh Anshar Ropu Ke Tempat Pemakaman

Berdasarka informasi yang dihimpun dari pihak keluarga menjelaskan mengenai kronologis kematian almarhum H Muh Anshar Ropu pada hari Kamis, 10 Desember 2020 lalu yakni, setelah sholat subuh, almarhum merasakan keluhan di pinggangnya sehingga pihak keluarga segera membawanya ke rumah sakit Haji Pajonga Dg Ngalle oleh anak almarhum dan menantunya.

Namun sesampai diruang UGD, belum sempat mendapatkan pertolongan dan perawatan, almarhum sudah menghembuskan nafasnya yang terakhir, tepat pada pukul 06.00 pagi.

Almarhum meninggalkan 5 orang anak dengan 10 cucu dan 1 cicit. Adapun anak-anak almarhum yaitu; Alimuddin, Murdaliah, Arifuddin, Dalaulang dan Dalaintang.

Suasana Duka Dari Anak Almarhum H Muh Anshar Ropu Di Lokasi Pemakaman

Suasana Duka Dari Anak Almarhum H Muh Anshar Ropu Di Lokasi Pemakaman

Semasa hidup almarhum H Muh Anshar Ropu banyak mengabdikan dirinya di dunia pendidikan, PGRI, Dewan Pendidikan dan Gerakan Pramuka Kwarcab Takalar.

Semasa hidup almarhum banyak mengajarkan kedisiplinan, kemandirian, kesederhanaan, menghargai orang lain, suka menolong, peduli pada sesama, percaya diri, banyak ide dan pengabdian memajukan generasi muda. Selain itu almarhum juga adalah pembina pelatih Paskibraka Kabupaten Takalar.

Doa Bersama Dan Penghormatan Terakhir Dari Anggota Pramuka Takalar Ke Almarhum H Muh Anshar Ropu

Doa Bersama Dan Penghormatan Terakhir Dari Anggota Pramuka Takalar Ke Almarhum H Muh Anshar Ropu

Jenazah almarhum dikebumikan di pekuburan Pattallassang di hadiri dan di antar ratusan anggota gerakan Pramuka Kabupaten Takalar dengan berpakaian lengkap pramuka. Mengantar Jenazah sampai di pemakaman dan prosesi pemakaman diawali dengan sambutan bela sungkawa dan duka cita yang mendalam yang disampaikan oleh Ketua Kwarcab Takalar Darwis Sijaya yang sekaligus Ketua DPRD Kab Takalar.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “kita kehilangan sosok panutan dalam dunia pendidikan dan kepramukaan. Dedikasi almarhum begitu luar biasa. Atas nama Kwarcab Takalar kami sangat kehilangan sosok yang menjadi idola. Kepada keluarha yang ditinggalkan agar tegar, tabah dan sabar. Semoga beliau husnul khatimah dan segala amal ibadah almarhum di terima disisi Allah SWT, tuturnya penuh haru.

Suasana Duka Dari Anak-Anak Almarhum H Muh Anshar Ropu Di Pemakaman

Suasana Duka Dari Anak-Anak Almarhum H Muh Anshar Ropu Di Pemakaman

Dilanjutkan ucapan suka duka dan bela sungkawa dari Dewan Pendidikan Kabupaten Takalar yang disampaikan oleh H Mustari Saung bahwa selama hidup, almarhum banyak sekali memberikan ide dan terobosan dalam dunia pendidikan. Dedikasi beliau untuk pendidikan di Butta Parannuangku begitu kuat. Kami sangat kehilangan sosok sahabat, orang tua yang senantiasa berdiskusi tentang pemajuan dunia pendidikan, imbuhnya.

Dilanjutkan ucapan suka duka dan bela sungkawa dari pihak keluarga diwakili oleh H Ahmad Tamanggung Dg Nambung bahwa atas nama keluarga kami memohon keridhoan saudara-saudara jika selama hidup almarhum pernah melakukan kesalahan atau kekhilafan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, tuturnya.

Suasana Di Rumah Duka Yang Dihadiri Oleh Anggota Pramuka Berpakaian Lengkap

Suasana Di Rumah Duka Yang Dihadiri Oleh Anggota Pramuka Berpakaian Lengkap

Dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup almarhum oleh Wakil Ketua Kwarcab Takalar Zainuddin Detol. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi mengantar jenazah untuk di sholatkan secara berjamaah di Masjid Nurul Falah Pari’risi. Selanjutnya jenazah dibawa ke pemakaman di Pekuburan Pattallassang untuk dikebumikan.

Ratusan anggota pramuka, sanak keluarga serta masyarakat Takalar menghadiri dan membanjiri prosesi pemakaman almarhum H Muh Anshar Ropu.

Penulis: Detol-AJM

Pramuka Takalar Berduka, Ini Sosok Dan Profil H Muh Anshar Ropu

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>