Puncak Festival Sampah, KKN UNHAS G-106 Takalar 1 Adakan Lomba Tingkat Pelajar & Seminar Peduli Lingkungan

Takalarterkini.com, – Takalar. Gelaran Puncak Festival Sampah oleh mahasiswa KKN Unhas gelombang 106 wilayah Takalar 1 sukses dilaksanakan pada 1 Agustus 2021 di Aula Gedung PKK Kabupaten Takalar. Gelaran puncak ini mempersembahkan Seminar peduli lingkungan dan lomba tingkat pelajar SMA se-Kabupaten Takalar.

Peserta Lomba dan Seminar Peduli Lingkungan

Peserta Lomba dan Seminar Peduli Lingkungan

Festival sampah pada dasarnya merupakan program kerja mahasiswa KKN Unhas G-106 wilayah Takalar 1. Program ini memiliki beberapa sub kegiatan yakni program bank sampah, penyuluhan peduli sampah, sebar totebag, program 3R dan puncak festival sampah.

Puncak festival sampah ditandai dengan terlaksananya seluruh sub kegiatan dari program festival sampah ini. Program bank sampah misalnya, sejak awal pelaksanaan KKN Unhas di wilayah Takalar 1, program bank sampah menjadi fokus utama para mahasiswa. Mulai dari mendirikan pos bank sampah hingga menunggu masyarakat membawa sampahnya untuk ditukar menjadi uang. Bank sampah tersebut didirikan di Lingkungan Bone-Bone Kel. Maradekaya Kec. Pattallassang diatas lahan kosong warga setempat.

Puncak festival sampah sebagai gelaran untuk mengevaluasi kinerja bank sampah tersebut. Selain itu, puncak festival juga sebagai ajang silaturrahim antara pemerintah daerah, tokoh masyarakat, komunitas pemuda dan para pelajar.

Gelaran puncak festival sampah turut dihadiri Ketua Penggerak PKK Kab. Takalar, Kabid Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Kab. Takalar, Dosen Pendamping, komunitas Pemuda dan masyarakat umum.

Koordinator KKN Unhas G-106 Wilayah Takalar 1 menyebutkan gelaran ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan festival sampah KKN gelombang ini “Puncak Festival Sampah yang digelar hari ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Festival Sampah KKN Unhas G-106 Wilayah Takalar 1. Gelaran puncak ini dilaksanakan setelah pelaksanaan proker bank sampah, penyuluhan dan program 3R yang dipusatkan di Lingkungan Bone-Bone sebagai rool model untuk wilayah lainnya”. Ujar Jayadi, Koordinator KKN Unhas G-106 Takalar 1.

Seminar peduli lingkungan, lomba cipta baca puisi dan lomba orasi tingkat pelajar SMA/SMK/MA menjadi item kegiatan dalam gelaran puncak festival ini. Seminar peduli lingkungan sendiri diisi oleh narasumber dari pihak DLH Kab. Takalar dan Komunitas PESPA.IDN yang berfokus dalam penanganan sampah di Kab. Takalar.

Sementara, untuk lomba tingkat pelajar SMA/SMK/MA se-Kab. Takalar, sedikitnya diikuti oleh 19 peserta dari 6 SMA/SMK/MA yang ada di Takalar.

“seminar dan lomba tingkat pelajar diharapkan mampu menjadi momen untuk mengajak masyarakat Takalar peduli dan menyadari fenomena sampah hari ini” lanjut Jayadi, yang juga mahasiswa Fakultas Teknik Unhas itu.

Ketua Penggerak PKK Kab. Takalar, ibu Hj. Irma Andriani dalam sambutannya menyebutkan masalah sampah Kab. Takalar khususnya di Kecamatan Pattallassang memang sudah lama menjadi perhatian pemerintah yang hingga kini masih terus dilakukan penanganannya melalui program GEMA TASAMARA “Masalah sampah di Kab. Takalar khususnya di Kecamatan Pattallassang yang notabenenya sebagai pusat administrasi kabupaten, memang tidak ada habisnya. Kami dari pemerintah kabupaten, khususnya di lingkup PKK juga terus mengupayakan realisasi program GEMA TASAMARA, program ini sudah lama kami canangkan dan terus direalisasikan hingga hari ini” ujar ibu Irma dalam sambutannya itu.

Selain itu, pemerintah berharap upaya yang dilakukan mahasiswa KKN Unhas G-106 Wilayah Takalar 1 terus dilaksanakan meskipun KKN telah selesai “kami berharap, program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Unhas ini terus berlanjut, terutama program bank sampah, kami siap memberikan support untuk program ini dan mendampingi mahasiswa yang notabenenya juga penduduk Takalar” lanjut ibu Irma, Ketua Penggerak PKK Kab. Takalar itu. AJM/RedTT

Sumber: KKN Unhas

Puncak Festival Sampah, KKN UNHAS G-106 Takalar 1 Adakan Lomba Tingkat Pelajar & Seminar Peduli Lingkungan

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>