Skandal BUMN Gate, Direktur LKBH Makassar Minta Jokowi Pecat Menteri BUMN Erick Thohir

Takalarterkini.com, – Makassar. Merebaknya fakta skandal BUMN yang diungkapkan Adian Napitupulu, Anggota Dewan DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga sebagai Sekjen Pena 98, menguak berbagai kejanggalan pengelolaan BUMN ditangan Menterinya Erick Thohir.

Salah satu yang paling panas adalah pemilihan komisaris dan direksi BUMN yang kental KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme). Beberapa pengisian dan pergantian manajemen BUMN dipilih bukan berdasarkan kapasitas dan kapabilitas.

Penunjukan pimpinan BUMN pun syarat kolusi dan nepotisme, dipilih karena faktor kedekatan dan mengabaikan profesionalisme kerja. Kesan yang muncul telah terjadi jual beli jabatan dan direksi BUMN yang menguntungkan segelintir oknum dan merugikan negara bangsa.

Hal inilah yang disikapi Direktur LKBH Makassar (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Makassar, Muhammad Sirul Haq, Senin, 27/07/2020, mengungkapkan, “selain kolusi dan nepotisme, pengelolaan BUMN hari ini syarat dengan semakin kentalnya korupsi yang digrogoti orang dalam yang bukan menguntungkan tapi membuat BUMN merugi.”

“Skandal korupsi dibeberapa BUMN baik yang sudah ada di tangan penegak hukum, maupun yang masih desas desus, tidak mampu dituntaskan oleh Erick Thohir,” tambah Muhammad Sirul Haq, yang ditemui di ruang Reskrimum Polda Sulsel ketika mendampingi kasus Investasi bodong PT CBL.

BUMN hari ini banyak yang merugi, bahkan jumlah utang BUMN telah membengkak diatas 5 ribu Triliun Rupiah. “Utang BUMN yang bengkak itu bahkan mengalahkan jumlah utang luar negeri Indonesia, kenapa itu bisa terjadi, salah satunya banyaknya perampokan uang BUMN dari dalam yang harus dituntaskan bahkan kalau perlu digiring ke KPK,” tutur Muhammad Sirul Haq.

Dari fakta yang diutarakan diatas itulah, LKBH Makassar mendesak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memecat Menteri BUMN Erick Thohir dan menggantinya dengan sosok yang lebih kapabel dan profesional menyelesaikan penyakit kronik BUMN yang jika dibiarkan akan menggerogoti dan meruntuhkan negara Indonesia. (*)

Skandal BUMN Gate, Direktur LKBH Makassar Minta Jokowi Pecat Menteri BUMN Erick Thohir

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>