Lakukan Penilaian P5, UPT SMP Al Fatih Parangmata Gelar Pameran dan Market Day

 

Produk P5 UPT SMP Al Fatih Parangmata Di Pamerkan Oleh Para Guru

Takalarterkini.com, - Parangmata. Sabtu, 15 Juni 2024. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu aspek yang dinilai pada kegiatan penilaian akhir semester di kurikulum nasional. P5 menjadi saran pembinaan karakter bagi peserta didik. Olehnya itu, UPT SMP Al Fatih Parangmata menggelar kegiatan penilaian P5 dirangkaikan dengan market day.


Pelaksanaan ini merupakan rangkaian Penilaian Akhir Semester (PAS), dimana penilaian P5 ada dalam kegiatan tersebut. Asesmen atau penilaian menjadi salah satu media dalam mengukur dan menilai pelaksanaan kegiatan pembelajaran, termasuk pelaksanaan P5.


Koordinator P5 bekerja sama dengan para wali kelas untuk menggelar Market Day dan Pameran P5. Tema P5 yang diangkat dalam pameran tersebut meliputi, kearifan budaya lokal, kewirausahaan, gaya hidup berkelanjutan dan berekayasa dan berteknologi.


Dalam laporan dan sambutannya, Kepala UPT SMP Al Fatih Parangmata (Abdul Jalil) menyampaikan bahwa pameran P5 ini merupakan salah satu rangkaian asesmen bagi murid untuk P5. Tema yang dipamerkan merupakan tema yang telah ditetapkan kurung waktu 2 tahun ini. P5 ini telah melahirkan beberapa produk unggulan bagi UPT SMP Al Fatih Parangmata. Walau produk bukan menjadi salah satu tujuan utama dari pelaksanaan P5, pungkasnya.


Market Day juga dilakukan dengan menggandeng para wali kelas, sehingga para siswa juga dibekali jiwa dan karakter berwirausaha. Dimana ini sangat relevan dengan pembelajaran pondok yang tertuang dalam Pancajiwa Pondok yakni berdikari.


Pimpinan Pondok Pesantren Al Fatih Parangmata (Ustad Ismail) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dilaksanakan kegiatan ini. Ia juga berharap kegiatan ini bisa lebih meriah dan beragam kegiatan di dalamnya. Pameran P5 dan Market Day hari ini sangat relevan yang program pembinaan di pondok melalui Panca Jiwa Pondok. Dimana pada point' ketiga terdapat kata berdikari. Berdikari merupakan filosofi untuk pembelajaran wirausaha. Selamat berpameran dan melaksanakan market day, pungkas Alumni Pondok Modern Gontor ini.


Dikesempatan tersebut, Pimpinan Ponpes Al Fatih Parangmata sekaligus membuka pelaksanaan Pameran P5 dan Market Daya UPT SMP Al Fatih Parangmata.


Kegiatan ini juga diisi dengan atraksi tari gandrang Bulo yang dimainkan oleh para siswa, penampilan menyanyi dan lainnya.


"Sebagai santri, kami bangga karena dibekali dengan karakter pembinaan agama dan pembelajaran umum termasuk kegiatan P5. Dimana kami mampu membuat produk berdasarkan akar masalah yang ditemukan di lingkungan sekolah atau pondok, tutup Rahmat (salah satu santri/siswa Ponpes Al Fatih Parangmata). AJM/RedTT.


Sumber: Humas Ponpes Al Fatih Parangmata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023