Bersiap Gelar SABULI (Sastra Budaya Lisan) Festival 2024, Panitia Gelar Rapat Koordinasi

 

Suasana Sosialisasi dan Pemaparan Program SABULI Fest Takalar Tahun 2024 Ketua Pelaksana Kegiatan

Takalarterkini.com, - Pattallassang, 17 Juli 2024. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia kembali menuai kepercayaan dari Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Bantuan Pemerintah (Banpem) untuk komunitas sastra tahun 2024. 


Diketahui lembaga kemasyarakatan dari Takalar ini menjadi salah satu dari 2 lembaga di Sulawesi Selatan yang lolos untuk tahap 1 sebagai penerima bantuan pemerintah. 


Sastra Budaya Lisan (SABULI) Festival 2024 menjadi agenda utama dalam pelaksanaan bantuan pemerintah tersebut. Sastra Budaya Lisan baik berupa tutur lisan, sastra lisan daerah, dan budaya lisan merupakan media dalam menceritakan kehidupan manusia dalam ragam bahasa, termasuk bahasa daerah. 


Pelaksanaan yang diberi akronim (SABULI Fest Takalar 2024) memuat berbagai macam kegiatan pagelaran. Mulai dari workshop sastra budaya lisan, lomba aru Makassar, lomba puisi Makassar, lomba pakkiok bunting, dan lomba pidato bahasa Makassar di September mendatang.


Terpantau sekitar 40 orang Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Takalar bersua di Aula Museum Daerah Balla Appaka Sulapak untuk mengikuti rapat koordinasi bersama panitia pelaksana Sastra Budaya Lisan Festival 2024.


Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Takalar didampingi Kepala Bidang Kebudayaan. Hadir pula Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar yang juga Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia.


Saat sambutan Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia menyampaikan bahwa "Agenda Sastra Budaya Lisan Festival ini merupakan ide dan usulan dari Bapak Pj Bupati dan Sekda Takalar sewaktu kami berdiskusi agar ke depan ada sebuah agenda yang fokus menggaungkan sastra lisan Makassar", ucap Abdul Jalil Mattewakkang.


Senada dengan pembicara sebelumnya pejabat eselon II dalam kesempatannya mengatakan bahwa "Ayo para Bapak/Ibu Kepala Sekolah semua untuk kita sama-sama ikut serta dalam kegiatan "Sastra Budaya Lisan Festival 2024" demi keberlanjutan dan pelestarian bahasa daerah Makassar terhadap peserta didik kita sejak dini", ungkap Darwis Ewa yang juga Ketua PGRI Takalar ini.


Terpisah salah seorang tenaga pendidik dari wilayah Kepulauan Tanakeke mengemukakan bahwa "Kami dari pulau tentu menyambut baik atas kegiatan Sabuli Fest ini, jika boleh kami mohon 10 kuota peserta workshop sastra budaya lisan untuk kami sekolah yang berada di Kecamatan Kepulauan Tanakeke", harapnya.


Usulan, saran, dan masukan dari peserta rapat koordinasi yang merupakan Kepala SMP se Kabupaten Takalar ini agar pelaksanaan Workshop dan Festival SABULI Takalar tahun 2024 dapat diikuti oleh seluruh perwakilan sekolah. AJM/ReTT.


Sumber: Humas Pammuntuli Baji 

Penulis: AnDa

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023