Deretan Tokoh Budaya dan Kepala Sekolah Deklarasikan Pembudayaan Aksara Lontarak Makassar

 

Papan Penandatangan Deklarasi Mengembalikan Pembiasaan Menulis Lontarak dan Berbahasa Makassar

Takalarterkini.com, - Mangarabombang, 5 Juli 2024. Pasca pembukaan acara Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah I Mangarabombang deretan tokoh budaya, pegiat literasi, tokoh pemuda, dan para kepala sekolah SMP dan SMA deklarasikan pembudayaan aksara lontarak Makassar. 


Sekitar 50 buah tenda telah berdiri dan terpatok di wilayah pesisir Pantai Topejawa, Mangarabombang telah mewarnai giat perkemahan aksara lontarak Makassar oleh Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia mengirimkan pesan kepada Dunia bahwa bahasa Makassar tetap lestari dan mendunia sejak zaman dahulu.


Setelah awak media meminta pendapat Kepala SMPN 4 Takalar ia mengatakan bahwa "Setelah proses deklarasi ini kami berupaya dan berkomitmen agar aksara lontarak terus nampak dan terealisasikan dalam dunia pendidikan di sekolah kami", ucapnya.


Hal serupa disampaikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Takalar yang mengatakan bahwa "Deklarasi ini tidak menjadi hal pertama dan terakhir, tapi ke depan kita akan songsong agar bagaimana aksara lontarak ini dikuasai, dibudayakan oleh anak-anak sejak dini", ujarnya. 


Disisi lain seorang tokoh pemuda dari tanah Cikoang mengemukakan opininya bahwa "Aksara lontarak ini menjadi ciri dan jati diri orang Makassar yang penuh klasik dan kearifan lokal dalam mengawali perjalanan jejak pena dan pendidikan", tukas pemuda berusia 25 tahun itu. 


Penulis: Humas Pammuntuli Baji/MAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023