Gaungkan Pelestarian Aksara, Peserta Kemah Gelar Pawai Huruf Aksara Lontarak

Peserta Kemah Literasi Budaya Gelar Pawai Huruf Aksara Lontarak


Takalarterkini.com, - Mangarabombang, 6 Juli 2024. Pasca merenggangkan otot (senam pagi) para peserta Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar bergegas kumpul padati area bumi perkemahan untuk menunaikan pawai huruf aksara lontarak. 


Sebanyak 120 orang dari 12 sekolah SMP dan SMA/SMK dari Wilayah Mangarabombang, Polongbangkeng Selatan, dan Mappakasunggu telah memegang kertas dengan tulisan huruf aksara lontarak 1 peserta 1 huruf aksara lontarak untuk diangkat sebagai bentuk pawai pembudayaan aksara lontarak dalam kehidupan sehari-hari.


Pawai huruf aksara lontarak ini dilepas langsung oleh Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia (Pammuntuli Baji Institut) dalam proses pelepasan sosok alumni Fakultas Teknik UNM itu mengatakan "Saya melepas peserta Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak untuk berjalan sekitar 1,5 KM sepanjang pesisir pantai Topejawa sebagai bentuk pesan moral dan tersirat kepada seluruh masyarakat Takalar bahwa aksara lontarak lestari atas diri kita masing-masing", tukas Abdul Jalil.


Hal senada disampaikan oleh ketua panitia pelaksana kepada awak media yang turut mengiringi proses pawai huruf aksara lontarak, sosok mantan Duta Baca Takalar itu mengatakan bahwa "Semoga dengan pawai ini masyarakat kembali tahu, belajar, dan melestarikan huruf aksara lontarak yang menjadi mula peradaban tulis menulis dan membaca bagi masyarakat suku Makassar", ungkap Asmin. 


Disisi lain seorang masyarakat yang sedang menikmati akhir pekan bersama keluarga di pesisir pantai turut memberikan respon positifnya dan mengatakan bahwa "Kegiatan yang luar biasa, selain anak-anak peserta didik di sekolah belajar aksara lontarak, saya juga turut mengingat huruf-huruf aksara lontarak kembali dengan menyaksikan pawai ini sepanjang jalan", tutur Daeng Sibali. AJM/RedTT.


Penulis: DM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023