Kwarcab Gerakan Pramuka Takalar Kembali Gelar Kursus Orientasi Mabigus Tingkat SD/MI/SMP/MTs

 

Suasana Pembukaan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Kwarcab Gerakan Pramuka Takalar 

Takalarterkini.com, - Takalar. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Takalar menggelar kegiatan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) tingkat SD/MI/SMP/MTs se Kabupaten Takalar, Ahad 21 Juli 2024.


Bertempat di Aula Museum Daerah Balla Appaka Sulapak Kabupaten Takalar, sekitar 320 Mabigus menghadiri kegiatan ini. Hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua Kwarcab Takalar (Darwis Sijaya), Kabid Pemuda Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Sarianto), Wakabinamuda (Zainuddin Detol), Kapusdiklatcab Takalar (Moh Halik IM), para Andalan Cabang, dan Ketua Kwarran se Kabupaten Takalar.


Dalam laporannya, Ketua Panitia (Zainuddin Detol) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penyegaran dan penyampaian informasi terkait gerakan pramuka baik dari Kwarnas, Kwarda maupun Kwarcab Takalar. Tujuan kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman mengenai peran dan fungsi Mabigus. Selain itu, kursus orientasi Mabigus ini digelar sebagai ajang silaturahmi bagi para Mabigus tentang pemahaman dan pengetahuan Pramuka baik di jenjang SD/MI/SMP/MTs. Peserta dalam kegiatan ini kurang lebih 320 orang dan pendanaan bersumber dari SG DIPA Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Takalar, terangnya.


Ketua Kwarcab Takalar (Darwis Sijaya) saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka akan terus berkegiatan dalam upaya pembinaan karakter peserta didik. Kursus Orientasi Mabigus kali ini sebagai salah satu kegiatan sosialisasi ke pimpinan sekolah agar mereka mampu memberikan ruang seluas-luasnya bagi siswa agar terjadi interaksi gerakan pramuka yang holistik dan berkesinambungan, pungkasnya.


"Saya berharap ke depan kegiatan kepramukaan terus berlanjut karena mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Takalar. Adanya dukungan ini tentunya buat kita pengurus Kwarcab akan lebih bersemangat dalam melakukan pembinaan kepramukaan bagi anggota muda maupun anggota dewasa," tutup Ketua DPRD Takalar ini.


Kursus Orientasi Mabigus Kwarcab Takalar ini akan di isi oleh pemateri dari Perwakilan Kwarnas, Kwarda Sulawesi Selatan, dan Pusdiklatcab Takalar.


"Kegiatan semacam ini perlu diperluas dan diperbanyak intensitasnya agar kami para Mabigus bisa memahami secara utuh tupoksi kami, sehingga di lapangan akan lebih mudah bersinergi dengan pembina dan pelatih pramuka, ujar Syahrul Tola yang juga Kepala UPT SMPN 4 Takalar. AJM/RedTT.


Sumber: Humas Kwarcab Takalar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023