Pembukaan Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak 2024; Peserta Sambut Dengan Semangat

Suasana Pembukaan Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Tahun 2024


Takalarterkini.com, - Mangarabombang, 5 Juli 2024. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia (Pammuntuli Baji Institut) kembali dipercaya sebagai organisasi kemasyarakatan yang mendapatkan dana hibah kebudayaan dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, LPDP, dan DANAI INDONESIANA kategori Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro (DKPM) Aminuddin Salle Karaeng Patoto Maestro Pelestari Aksara Lontarak Makassar.


Terpantau sekitar 120 orang Peserta Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Wilayah I Mangarabombang dari 7 SMP Sederajat dan 2 SMA Sederajat di Wilayah (Mangarabombang, Laikang, Polongbangkeng Selatan, Mappakasunggu) padati area bumi perkemahan sejak pukul 13.30 WITA.


Dalam sambutan Ketua Pelaksana Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah I Mangarabombang menyampaikan bahwa "kurang lebih 120 peserta telah datang dari beberapa Kecamatan di ujung Selatan Takalar, antusiasme ini saya pikir merupakan pekerjaan panitia pelaksana yang maksimal dan berjalan dengan struktural", pungkas Asmin.


Selanjutnya sosok orangtua di Pammuntuli Baji Institut, dalam sambutannya mengatakan bahwa "Kegiatan ini merupakan rangkaian ke-3 pada tahapan pengelolaan dana abadi kebudayaan, sehingga menjadi ajang paling luar biasa sebab kita semua akan bergelut dengan dunia Aksara Lontarak dalam berbagai agenda pembelajaran", ungkap Zainuddin Detol.


Terpisah Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia, mengungkap bahwa "Ada perasaan cemburu dalam hati saya ketika melihat bahasa daerah orang lain tetap ada dan lestari walau tak di kampung mereka sendiri, olehnya atas perasaan demikian sehingga saya mendorong jalan ini sebagai alternatif pembudayaan aksara lontarak Makassar", ujar Abdul Jalil Mattewakkang.


Terakhir, mewakili Pemerintah Daerah Kab. Takalar dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bidang Kebudayaan dalam sambutannya mengemukakan bahwa "Saya pribadi dan mewakili pemerintah daerah Kab. Takalar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pammuntuli Baji Insitut yang terus komitmen menggaungkan budaya dan kearifan lokal", tukas Abd. Rauf Dini.


Penulis: Humas Pammuntuli Baji / MAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023