Pentas Seni dan Budaya Kemah Aksara Lontarak Di Warnai Penampilan Sastra Lisan Makassar Dari Peserta

Malam Pentas Seni Budaya Di Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Tahun 2024


Takalarterkini.com, - Mangarabombang, 6 Juli 2024. Setelah seharian para peserta Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar mengikuti sesi menulis aksara lontarak dan sesi halang rintang. Seuai istirahat, shalat, dan makan pada pukul 20.30 WITA para peserta dari 12 sekolah SMP dan SMA/SMK di Wilayah Mangarabombang, Mappakasunggu, dan Polongbangkeng Selatan meriahkan rangkaian kegiatan pentas seni dan budaya.


Terlihat para peserta tampil dengan berbagai macam variasi pentas seni dan budaya, baik menampilkan sastra lisan puisi Makassar, Aru Makassar, Pakkiok Bunting, Teater, menyanyi lagu daerah Makassar, sampai tari-tarian adat suku Makassar (Tari Lekok Lontarak). Sehingga hal ini mengundang euforia penonton untuk datang dan tinggal lebih lama menyaksikan pementasan.


Sekitar 250 orang penonton baik dari unsur keluarga peserta, alumni sekolah kepesertaan, hingga masyarakat yang tengah berlibur akhir pekan dan menikmati Sabtu malam di pesisir pantai Topejawa turut berbondong-bondong ke dalam area bumi perkemahan menikmati keseruan pentas seni dan budaya.


Saat ditemui oleh awak media Ketua Panitia Pelaksana Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah I Mangarabombang mengatakan bahwa "Semoga dengan digelarnya pentas seni dan budaya ini membuat semangat dan kecintaan para peserta terhadap seni dan budaya Makassar sejak dini", harap pemuda Galesong Selatan itu.


Terpisah Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia, Abdul Jalil dan Wakil Bendahara Umum Satriana Cora menjadi dewan juri. 


Menurutnya sosok Kepala Sekolah SMP Inovatif HGN-GTK Kemdikbudristek RI 2023 mengatakan bahwa "Pentas dengan penampilan terbaik akan mewakili wilayah 1 untuk kembali pentas di malam puncak penganugerahan Pammuntuli Baji Institut Award 2024 di pusat kota Takalar", tutur Abdul Jalil.


Sehingga SMPN 1 Mangarabombang meraih penghargaan (Duta Budaya Pammuntuli Baji), SMPN Satap Punaga (Aru Makassar), SMPN 5 Mangarabombang (Tari Lekok Lontarak), SMPN 4 Takalar (Teater Lokal Makassar), dan SMAN 7 Takalar sebagai (Duta Pammuntuli Baji) ke-5 sekolah inilah yang akan mewakili wilayah 1 Mangarabombang ke malam puncak penganugerahan Pammuntuli Baji Institut Award 2024 di pusat kota Takalar bulan September mendatang. AJM/RedTT.


Penulis: DM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023