Penutupan Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak, Peserta Sorak Bergemuruh

 

Suasana Penutupan Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Tahun 2024 Wilayah II

Takalarterkini.com, - Galesong, 14 Juli 2024. Setelah berproses 3 hari 2 malam di Kampung Adat Ballak Barakkaka ri Galesong (BBrG) mulai dari mengenyam pengetahuan seputar aksara lontarak hingga sastra lisan Makassar, senam pagi, pawai aksara lontarak, halang rintang, hingga pentas seni dan budaya tiba saatnya acara Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah II (Galesong Selatan, Galesong, Galesong Utara, dan Sanrobone) selesai di pagi hari Ahad.


Terlihat sebanyak 80 peserta dari 8 SMP dan 2 SMA se Galesong Raya dan Sanrobone mengikuti rangkaian penutupan di halaman kampung adat BBrG pada pukul 09.25 WITA. Proses penutupan ini ditutup langsung oleh Ketua Umum Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia bersama dengan jajaran panitia pelaksana dan didepan kepala kampung adat BBrG.


Pada sambutannya ayah 4 anak itu mengatakan bahwa "Alhamdulillah kita telah sampai di penghujung acara Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah II, selamat kepada 5 utusan sekolah yang akan lanjut di tingkat Kabupaten", ucap Abdul Jalil Mattewakkang.


Disisi lain sosok orangtua bagi Pammuntuli Baji Institut, menyampaikan bahwa "Semoga selepas dari tempat ini untuk belajar ananda-ananda semua mendapat keberkahan dan kesuksesan hidup baik hari ini, esok, dan di masa yang akan datang, Aamiin", harap Aminuddin Salle Karaeng Patoto.


Terpisah selalu ketua panitia pelaksana Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah II mengemukakan bahwa "Terima kasih atas segala antusias, kontribusi, dan kerjasama Bapak/Ibu Kepala Sekolah, dan Guru Pendamping, teman-teman purna dari masing-masing sekolah, dan teman-teman peserta selama mengikuti kegiatan ini, permohonan maaf kami bila terdapat kekurangan dan kesalahan selama proses kegiatan ini, sampai jumpa dilain kesempatan dan salam hormat kami untuk Bapak/Ibu semua, teman-teman pendamping, teman-teman peserta, hati-hati di jalan pulang dan sampaikan salam hormat kami untuk kedua orangtua di rumah", ujar Asmin.


Seluruh peserta juga mendapatkan sertifikat yang diambil langsung oleh masing-masing pimpinan regu yang diserahkan langsung oleh ketua panitia pelaksana menjadi sesi membanggakan untuk setiap insan yang ikut dalam kegiatan ini, dan setelah itu proses penutupan digelar dengan seremonial diiringi lagu perpisahan dan seluruh peserta sebaris berjabat tangan dengan kepala kampung adat BBrG, pengurus Pammuntuli Baji Institut, dan seluruh panitia pelaksana membuat momen perpisahan itu serasah haru dan membanggakan.


Saat didatangi oleh awak media sosok pemegang mandat Kepala Desa Kampung Adat BBrG versi Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah II mengatakan bahwa "Sungguh kegiatan yang sangat luar biasa dan  membuat kami lebih banyak belajar tentang aksara lontarak dan budaya Makassar di sini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih telah diberi kesempatan mengikuti kegiatan ini", tukas siswa SMAN 5 Takalar itu. AJM/RedTT.


Penulis: AnDa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023