PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas Sosialisasi PELITA ke Warga Desa Tonasa

Suasana Pelatihan PELITA oleh PPK Ormawa UKM Star-Up Unhas


Takalarterkini.com, - Sanrobone. Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Start Up Universitas Hasanuddin (Unhas) sukses menyelenggarakan seminar program kerja Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) PELITA. Acara ini dilaksanakan di Kantor Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, pada Kamis 4 Juli 2024, dan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00. Acara ini dihadiri oleh 44 orang, termasuk tamu undangan, yaitu Camat Kecamatan Sanrobone, Kepala desa Tonasa, bapak dan ibu dusun, staf desa, serta dihadiri oleh mitra, yaitu ibu-ibu PKK, karang taruna dan masyarakat setempat.


Seminar program kerja ini menjadi langkah awal untuk memperkenalkan program UKM Start-Up dengan judul “PELITA: Pemanfaatan Potensi Limbah Tongkol Jagung Melalui Diversifikasi Produk Dalam Mewujudkan Kampung Wirausaha Mandiri di Desa Tonasa”.


Acara dimulai dengan sambutan dari beberapa tokoh, yaitu ketua UKM Start-Up Unhas, dosen pendamping, Camat Kecamatan Sanrobone, dan Kepala Desa Tonasa. Kegiatan ini dilanjutkan dengan  pemaparan program kerja PPK Ormawa oleh ketua Tim PPK Ormawa, Erlandi Saputra. Setelah pemaparan, dilakukan sesi diskusi dan sesi foto bersama.


Ketua UKM Start-Up Unhas, Muh. Farid Hamzah, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi UKM Start-Up Unhas. Dua kegiatan sebelumnya dilakukan di Kabupaten Maros. “Kegiatan kali ini kami berfokus pada pemanfaatan potensi limbah tongkol jagung, mengingat Desa Tonasa memiliki komoditi jagung yang melimpah. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Farid.


Dosen pendamping PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas, Sahriyanti Saad,l menjelaskan bahwa PPK Ormawa ini adalah kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat selama 5 hingga 6 bulan. “Desa Tonasa dipilih sebagai lokasi pengabdian berdasarkan keluhan dari masyarakat tentang banyaknya limbah tongkol jagung yang tidak termanfaatkan, padahal limbah tersebut sebenarnya bisa diolah menjadi produk bernilai jual. Tim UKM Start-Up kemudian berdiskusi dan mengajukan proposal ke Kementerian, bersaing dengan proposal dari berbagai universitas di Indonesia. Tim UKM Start-Up berhasil menjadi salah satu dari 9 tim Unhas yang lolos seleksi PPK Ormawa,” ujarnya. Dia juga mengingatkan kepada tim agar selalu menjaga norma di lingkungan masyarakat serta memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama di desa.


Sambutan ketiga disampaikan oleh Asraruddin Muis, S.T., M. AP., selaku Camat Kecamatan Sanrobone. Beliau menyatakan bahwa Unhas selalu dekat di hati masyarakat Kecamatan Sanrobone. “Kegiatan ini sangat tepat dilakukan di desa Tonasa, karena desa tersebut merupakan salah satu penghasil jagung terbesar di Takalar,” ujarnya.


Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Desa Tonasa, Syahabuddin Dg Jarre, yang juga membuka acara ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Kehadiran Tim PPK Ormawa memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengolah limbah tongkol jagung menjadi produk yang bernilai jual. “Saya berharap masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Mari kita melangkah lebih jauh selagi ada kesempatan,” ujarnya.


Ketua Tim, Erlandi Saputra, menjelaskan bahwa “Program PELITA ini bertujuan untuk memberi nilai tambah limbah tongkol jagung melalui diversifikasi produk menjadi briket, teh herbal, tepung, dan baglog jamur  yang kemudian akan dikembangkan sebagai produk yang layak dipasarkan dan difasilitasi pemasarannya. Program ini sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan potensi limbah tongkol jagung di Desa Tonasa, Takalar.”


Para mitra, seperti ibu-ibu PKK dan karang taruna, serta masyarakat yang hadir sangat semangat, berterima kasih, dan antusias untuk turut serta dalam kegiatan ini. Pemerintah desa serta mitra siap mendukung dan akan membantu menyukseskan kegiatan PPK Ormawa yang dilaksanakan oleh UKM Start-Up Unhas.


Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi perdana ini berjalan dengan lancar. Semoga tujuan program kerja Tim PPK Ormawa Start-Up Unhas dapat terwujud dan memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama dalam meningkatkan produktivitas ibu-ibu PKK dan karang taruna yang menjadi mitra kolaborasi di Desa Tonasa. AJM/RedTT.


Penulis: Nuramaliya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023