Riuh Tabuhan Gendang; Sorak Memanggil Masyarakat Padati Pentas Seni dan Budaya

 

Suasana Malam Pentas Seni Budaya Di Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Tahun 2024 Wilayah II

Takalarterkini.com, - Galesong, 13 Juli 2024. Setelah agenda halang rintang para peserta telah bergegas dan bersiap untuk menunjukkan penampilan terbaiknya di panggung pentas seni dan budaya Kemah Literasi Budaya Aksara Lontarak Makassar Wilayah II (Galesong Utara, Galesong, Galesong Selatan, dan Sanrobone) seluruh peserta akan mewarnai dengan berbagai penampilan yang akan ditampilkan dihadapan dewan juri dan masyarakat Desa Galesong Kota.


Tampak Ketua Panitia Pelaksana, Asmin merangkap menjadi Master of Ceremony (MC) di Pentas Seni dan Budaya. Kegiatan itu dimulai pada pukul 20.15 WITA dengan iringan tabuhan gendang Makassar (Tunrung Pakanjara) oleh Sanggar Seni Adat Kukarannuang (Sanggar Seni Akar Galesong) turut membangkitkan semangat para peserta, dewan juri, dan ratusan penonton sorak bertepuk tangan dengan riuh.


Pentas Seni dan Budaya rupanya mengundang perhatian khusus bagi para peserta untuk ditunaikan sebagai salah satu agenda beradu keterampilan antar sekolah. Para peserta ada yang menampilkan Puisi Makassar, Aru Makassar, Tari Pakarena, Teater Makassar, dan Tari Paduppa.


Pasca pentas seni dan budaya selaku Kepala Kampung Adat Ballak Barakkaka ri Galesong (BBrG) beliau menyampaikan bahwa "Saya sangat senang dengan acara malam ini yang begitu meriah dan diikuti oleh anak-anak dan masyarakat sekitar sebagai penonton, beberapa tahun lalu saya pernah bermimpi melaksanakan acara seperti ini di tempat ini dengan nama (Assingak-Singarak Bulang) dan rupanya malam ini alhamdulillah telah terwujud", syukur Aminuddin Salle Karaeng Patoto.


Di akhir acara pentas seni dan budaya selaku dewan juri dan Ketua Umum Pammuntuli Baji Institut sosok Magister Manajemen itu menyampaikan bahwa "Selamat kepada peserta yang lolos ke tingkat Kabupaten untuk bertemu dengan perwakilan Wilayah I Mangarabombang, Polongbangkeng Selatan, dan Mappakasunggu, dan Wilayah III Pattallassang dan Polongbangkeng Utara di bulan September mendatang, dan terus semangat jangan pernah berhenti belajar bagi yang belum lolos", ungkap Abdul Jalil Mattewakkang.


Terpantau SMPN 1 Galesong Utara, SMPN 2 Galesong Selatan, SMPN 3 Galesong Selatan, SMAN 5 Takalar, dan SMAN 13 Takalar menjadi 5 utusan untuk Wilayah II (Galesong Selatan, Galesong, Galesong Utara, dan Sanrobone) ke tingkat Kabupaten Takalar pada malam puncak Penganugerahan Pammuntuli Baji Award 2024 bulan September depan. AJM/RedTT.


Penulis: AnDa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023