Wakabinawasa Kwarnas Hipnotis Peserta Kursus Orientasi Mabigus Kwarcab Takalar

 

Kakak Wakabinawasa Kwarnas Bersama Peserta Kursus Orientasi Mabigus Kwarcab Takalar Tahun 2024

Takalar terkini.com, - Takalar. Wakil Ketua Pembinaan Anggota Dewasa (Wakabinawasa) Kwartir Nasional (Kwarnas) Rahmansyah menjadi narasumber utama pada kegiatan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Takalar tahun 2024 di Aula Museum Daerah Balla Appaka Sulapak, Ahad 21 Juli 2024.


Kursus orientasi Mabigus merupakan program tahunan Kwarcab Takalar dalam rangka mensosialisasikan informasi dan petunjuk terbaru gerakan pramuka. Hal ini agar para Mabigus mampu memahami secara komprehensif setiap hal dalam pembinaan gerakan pramuka di gugus masing-masing.


Sekitar 300-san peserta memadati Museum Daerah Balla Appaka Sulapak Kabupaten Takalar. Peserta terdiri dari Mabigus jenjang SD/MI dan jenjang SMP/MTs se Kabupaten Takalar.


Dalam laporannya, Ketua Panitia Kakak Zainuddin Detol menyampaikan bahwa Kursus Orientasi Mabigus ini menjadi penting kita lakukan karena beberapa waktu yang lalu ada informasi yang menghebohkan jagad raya kepramukaan. Dimana gerakan Pramuka tak lagi menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, pungkasnya.


"Menjembatani simpang siur atas informasi tersebut, kami menghadirkan kakak Wakabinawasa Kwarnas untuk memberikan informasi terbaru perihal gerakan Pramuka dan semoga para Mabigus mampu memahami hal tersebut," lanjutnya


Sementara itu, dalam pemaparan materinya, Kakak Wakabinawasa Kwarnas menyampaikan bahwa gerakan Pramuka baik berada di dalam struktur kurikulum sekolah maupun di luar tetap akan berjalan sesuai amanah undang-undang. Bahwa gerakan Pramuka merupakan gerakan pembentukan karakter dengan menjadi semua tempat sebagai wadah untuk belajar. Oleh sebab itu, pengembangan gerakan Pramuka ada pada pundak kakak-kakan Mabigus semua, tuturnya.


"Gerakan Pramuka ini sudah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah mendapat tempat yang begitu tinggi di hati masyarakat. Selain rekam jejak, gerakan Pramuka telah mampu berkontribusi besar dalam pembentukan karakter anak bangsa, khususnya di lingkungan sekolah," tutupnya.


Ketua Kwarcab Takalar Kakak Darwis Sijaya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran para peserta dari unsur Mabigus dan kejelian panitia dalam mewadahi penyampaian informasi terbaru dalam gerakan Pramuka, jayalah terus Gerakan Pramuka di Butta Panrannuangku, sahutnya yang disambut 3 kali tepukan Pramuka dari para peserta.


Materi yang disampaikan oleh Kakak Wakabinawasa Kwarnas begitu detail dan komprehensif sehingga peserta hampir tak menyela nafas untuk mendengarkan setiap kata dan kalimat yang diucapkan oleh Kakak peraih Lencana Melati Pramuka itu. AJM/RedTT.


Sumber: Humas Kwarcab  Takalar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023