Wujudkan Transformasi Limbah Tongkol Jagung Jadi Peluang, Tim PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas Fasilitasi Pelatihan Di Desa Tonasa

 

Suasana Pelatihan PPK UKM Ormawa Start-Up Unhas Di Desa Tonasa

Takalarterkini.com, - Takalar. Dalam rangka kegiatan Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), anggota tim pelaksana dari UKM Start-Up Unhas, melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan produk dari limbah tongkol jagung pada Rabu, 17 Juli 2024. Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar. Kegiatan dimulai pukul 16.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.30 WIB.


Tim PPK Ormawa Start-Up Unhas mengadakan pelatihan pembuatan produk perdana, yaitu briket dan teh rambut jagung. Pada pelatihan selanjutnya, akan diadakan pelatihan pembuatan produk tepung dan baglog.


Dalam kegiatan ini, Tim PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas memberikan pelatihan pembuatan produk kepada kelompok usaha yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan Karang Taruna Desa Tonasa. Kepala Desa dan Ibu Desa Tonasa juga turut serta dalam pelatihan tersebut.


Dengan pelatihan ini diharapkan warga Desa Tonasa dapat memahami cara memanfaatkan limbah tongkol jagung menjadi berbagai produk yang bernilai jual, produk tersebut terdiri dari briket, teh rambut jagung, tepung, dan baglog. Selain itu, diharapkan mereka juga dapat membuat produk tersebut secara mandiri.


Sebelum melakukan pelatihan dan pendampingan, anggota tim produksi terlebih dahulu memaparkan materi terkait produk briket dan teh rambut jagung. Pemaparan tersebut mencakup penjelasan manfaat produk, alat dan bahan yang dibutuhkan, serta cara kerja pembuatan produk. Masyarakat juga diberikan buku panduan yang berisi tata cara pembuatan produk. Selama pelatihan, masyarakat sangat antusias dan turut serta mempraktikkan cara pembuatan produk dari awal hingga akhir.


"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan sangat lancar berkat antusiasme masyarakat yang mengikutinya. Diharapkan kedepannya kelompok usaha yang telah terbentuk dapat terus berkolaborasi dan kegiatan ini dapat berkelanjutan, serta menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat Desa Tonasa." ujar Erlandi Saputra, selaku ketua Tim PPK Ormawa Start-Up Unhas. AJM/RedTT.


Penulis: Nuramaliya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023