Teh Rambut Jagung: Kolaborasi PKK Tonasa dan PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas di Jambore Takalar

Produk Teh Rambut Jagung Yang Dipamerkan Di Jambore PKK Kabupaten Takalar Tahun 2024


Takalarterkini.com, - Takalar. Antusiasme masyarakat begitu intens dalam menyambut gelaran Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Takalar yang berlangsung di Lapangan Bontomangepe, Kecamatan Galesong pada tanggal 2 hingga 4 Agustus 2024. Acara ini diikuti oleh sekitar 1.358 peserta dari 10 kecamatan, menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan menarik, termasuk pameran produk unggulan dari setiap desa.


Salah satu yang paling menyita perhatian adalah olahan komoditas lokal Desa Tonasa. Desa Tonasa dikenal akan komoditas jagungnya yang melimpah. Pada kesempatan tersebut kader PKK Desa Tonasa memperkenalkan “Pelita”, teh herbal olahan rambut jagung yang merupakan hasil kolaborasi bersama tim PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas. Produk ini tidak hanya menonjolkan inovasi dalam pemanfaatan limbah jagung, tetapi juga menunjukkan keberhasilan kolaborasi antara kader PKK Desa Tonasa dan PPK Ormawa UKM Start-Up Unhas dalam mengembangkan produk lokal yang bernilai tinggi.


Produk teh herbal rambut jagung ini dikemas dalam kemasan standing pouch berisi 10 kantong teh yang dilengkapi informasi seputar manfaat teh herbal rambut jagung pada kemasan. Produk yang dipamerkan merupakan sebagain dari hasil produksi selama lima kali pelatihan ibu PKK dan Karang Taruna Desa Tonasa bersama Tim PPK Ormawa UKM Star-Up Unhas. Selama pelatihan, dilakukan proses penghalusan, penjemuran, pengovenan, hingga pengemasan teh herbal rambut jagung.


Selain bertujuan untuk memperkenalkan serta mempromosikan produk unggulan Desa Tonasa, pameran ini juga merupakan salah satu cabang yang dilombakan pada Jambore PKK Takalar.


Pameran ini menjadi langkah awal yang positif untuk memperkenalkan teh herbal rambut jagung ke pasar yang lebih luas, serta membuka peluang baru untuk mengembangkan ekonomi desa berbasil potensi lokal. AJM/RedTT.

Sumber: PPK Ormawa Start-Up Unhas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023