Go To School; Pammuntuli Baji Institut Gaungkan Aksara Lontarak Melalui Film Dokumenter

 

Suasana Pemutaran Film Dokumenter Pelestari Aksara Lontarak Makassar Di Aula UPT SMAN 3 Takalar 

Takalarterkini.com, - Pattallassang. Kamis, 10 Oktober 2024. Perkumpulan Pemuda Panrannuangku Peduli Film Seni Budaya dan Sejarah Indonesia yang menerima dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Dana Indonesiana, dan LPDP kategori Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro (DKPM) Aminuddin Salle Karaeng Patoto Sang Pelestari Aksara Lontarak kini telah launching dan bedah film dan buku. 


Pammuntuli Baji Institut Go To School merupakan program lembaga kemasyarakatan ini dalam menggaungkan budaya dan kearifan lokal, salah satunya aksara lontarak sebagai identitas dan jati diri suatu daerah. Satuan pendidikan ternama dan tergolong dalam sekolah penggerak pada jenjang sekolah menengah atas yakni SMAN 3 Takalar menjadi sekolah perdana dalam kegiatan tersebut.


Sekitar 80 peserta didik dari tingkat kelas X-XII memadati aula untuk menonton film dokumenter berdurasi 22 menit itu. Setidaknya ada 5 peserta didik yang telah menyampaikan tanggapan dan kesimpulan atas film dokumenter yang telah ditontonnya dan masing-masing dihadiahi 1 buah buku "Aminuddin Salle Karaeng Patoto Sang Pelestari Aksara Lontarak". 


Salah satu peserta didik memberi tanggapan dan kritik bahwa aksara lontarak harus benar-benar ditempatkan pada semestinya. 


"Saya sering melihat aksara lontarak digunakan sebagai tulisan abjad latin sebagai bentuk yang dipikirnya mengandung kreatifitas dan estetika, padahal mencoreng aksara lontarak itu sendiri", tegas siswa kelas XII itu.


Kepala Sekolah UPT SMAN 3 Takalar mengatakan bahwa "Terima kasih atas kedatangan pengurus dan panitia DKPM ke sekolah kami, dan sekolah kami ke depan akan melakukan terobosan dan kreativitas dalam melestarikan aksara lontarak di lingkungan sekolah", ungkap Magister Pendidikan itu.


Abdul Jalil Mattewakkang menyampaikan dalam kesempatannya bahwa "Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari stakeholder SMAN 3 Takalar, semoga kegiatan perdana Go to School kami ini menjadi sebuah langkah dan bermanfaat bagi kita semua dalam melestarikan aksara lontarak", tutup Ketua Umum Pammuntuli Baji Institut itu. 


Penulis: AnDa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Besar FBS UNM Asal Takalar, Launching Terjemahan Al-Qur'an Ke Dalam Bahasa Makassar

Ribuan Warga Padati Buka Puasa Bersama Di Kediaman Orang Tua Irwan Iskandar

Putra Galesong Raih Juara 1 Kepala SMP Inovatif Pada Apresiasi GTK Tingkat Sulsel Tahun 2023