Di Tengah Pandemi Covid-19, FORMASITA Gelar Webinar Kewirausahaan Online

Takalarterkini.com, – Makassar. Di tengah maraknya pandemi covid 19 ini, mengakibatkan krisisnya keuangan masyarakat yang berdampak kepada kehidupan mereka. Oleh karena itu, tepat pada Jumat malam (10/Juli/2020), Forum Mahasiswa Bidikmisi Usulan Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung (FORMASITA) mengadakan Webinar Kewirausahaan dengan mengangkat tema “Strategi Usaha dan Keuangan Ditengah Pandemic Covid-19” yang bertujuan untuk membangun kretivitas didunia bisnis dan cara mengatur keuangan ditengah pandemic covid-19.

Webinar ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari 2nd Anniversary FORMASITA, bertema “Sejuta Aksi Formasita”. Yang di koordinir langsung oleh Klaster Dana dan Usaha Formasita bersama tim.

Nurlina selaku ketua panitia “saya berharap semoga selepas webinar tersebut, semua peserta memiliki gambaran maupun ide-ide tentang bagaimana cara mengelola keuangan, terutama ditengah pandemic covid-19. Serta mampu mengaplikasikan ide dan usaha apa yang akan dirintis kedepannya, serta dapat bersaing dipasaran baik lokal maupun internasional” sambutan ketua panitia wabinar.

Kegiatan tersebut dibuka secara umum dan semua kalangan, dan alhasil webinar ini diikuti oleh 299 Peserta. Peserta webinar tidak hanya berasal dari takalar atau sul-sel saja, namun pun berasal dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Masyarakat sangat antusias mengikuti acara ini, dilihat dari jumlah peserta yang ikut mendaftar kegiatan tersebut. Untuk mematuhi peraturan pemerintah untuk “Stay Home Stay Safe” Maka Kegiatan ini di laksanakan secara online melalui live facebook formasita dan via zoom.

Webinar kewirausahan tersebut dibuka oleh Ketua Umum FORMASITA, Nur Jayadi. Jayadi juga sangat mengapresiasi kerja keras panitia dan berterima kasih kepada peserta yang telah menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dalam kegiatan webinar tersebut.

“Melihat kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat dari seluruh Indonesia, inilah tujuan kegiatan ini sebenarnya. Selain untuk memberikan upaya menabung dimasa pandemic covid-19, kita juga bisa bersilaturahmi dengan mahasiswa lainnya. Bukan hanya itu, gelaran webinar ini kami masukkan kedalam satu rangkaian dalam gelaran 2nd Anniversary Formasita,” sambutan Nur Jayadi sekaligus membuka acara Webinar.

Selain itu, Anggota DPD RI Wilayah Sulawesi Selatan, Bapak Tamsil Linrung yang juga selaku Ketua Dewan Pembina Formasita juga turut bergabung dalam kegiatan tersebut sebagai Keynote Speaker sekaligus memberikan sambutan yang sangat luar biasa. Beliau berpesan bahwa dalam kondisi yang sulit seperti ini, kita semestinya berbagi (Ilmu) karena relasi itu sangat kita butuhkan.

Selanjutnya, materi juga disampaikan oleh Dosen dan Kepala Pusat Data Informasi YPUP Makassar, Syarief Dienan Yahya dan Co-Founder Skilledu.Id, Junaedi, Kedua pemateri memberikan berbagai ilmu seputar cara memanajemen keuangan, dan mengelola bisnis ditengah pandemic.

Beberapa diantaranya seperti memahami konsep antara kebutuhan dan keinginan, Kontrol keuangan dan persiapan dana darurat, menghindari utang yang tidak perlu, menghindari toxic asset, memanfaatkan keadaan untuk memperoleh income, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia setelah pandemic ini.

Dan Salah satu peserta yang berasal dari Yogyakarta, Nursani Muharani mengakui bahwa webinar tersebut materinya seru dan mudah dipahami. Selain itu, banyak ilmu baru yang dia peroleh pada saat mengikuti webinar tersebut. Nursani juga berpesan, semoga FORMASITA selalu menebarkan ilmu untuk semua orang.

“Kegiatan Webinar ini sangat sangat bermanfaat bagi semua baik dari kalangan masyarakat umum dan khusus nya bagi mahasiswa,” ujar beberapa peserta Webinar

(Penulis: Risfa/Unhas/BPH Formasita)

Di Tengah Pandemi Covid-19, FORMASITA Gelar Webinar Kewirausahaan Online

About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>